Addurl.nu 2 Nelayan Selamat Setelah Berada di Laut Selama 6 Minggu - Kompi News

Friday, May 15, 2020

2 Nelayan Selamat Setelah Berada di Laut Selama 6 Minggu


KompiNews.com - Dua nelayan asal Kepulauan Marshall ditemukan terdampar di sebuah atol (pulau karang) kecil di Pasifik setelah terapung selama enam minggu di lautan, dalam keadaan tubuh yang kurus. Namun tidak ada tanda-tanda keberadaan orang ketiga yang diyakini berlayar bersama mereka.

Seperti dilansir dari AFP, Jumat (15/5/2020) dua nelayan itu menggunakan kapal kecil bermesin tempel. Mereka terdampar di Namoluk, atol terkecil di Negara Federasi Mikronesia (FSM), 1.600 kilometer (1.000 mil) dari tempat mereka berangkat.

"Mereka kurus dan lemah seperti yang Anda perkirakan setelah 40 hari di laut," kata Menteri Kesehatan Kepulauan Marshall Jack Niedenthal, Kamis (14/5/2020).

Orang-orang itu diidentifikasi sebagai bernama Godfrey Capelle dan Thomas Benjamin. Namun tidak ada berita tentang nasib Junior Joram, yang diyakini ikut bersama mereka ketika mereka awalnya dilaporkan hilang di laut.

Ketiga lelaki itu meninggalkan Pulau Ebeye di Kepulauan Marshall untuk mencari ikan pada 2 April, tetapi kapal mereka segera mengalami masalah mesin ketika mereka keluar dari laguna Kwajalein selama angin kencang dan ombak laut yang kasar.

Pencarian oleh Angkatan Darat AS, Penjaga Pantai dan Patroli Kepulauan Marshall tidak membuahkan hasil.

Untuk diketahui, kisah-kisah epik tentang bertahan hidup tidak jarang terjadi di Pasifik barat, di mana pulau-pulau kecil dipisahkan oleh hamparan lautan luas.

Pada tahun 2006, tiga orang Meksiko diselamatkan di dekat Kepulauan Marshall setelah sembilan bulan terombang-ambing melintasi Samudra Pasifik.

Pada tahun 2014, seorang warga El Salvador diselamatkan di daerah yang sama setelah terpaut 16 bulan.

Sumber : DetikCom

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda