Addurl.nu Korea Selatan Kembali Normal Karena Wabah Corona Terkendali - Kompi News

Wednesday, May 6, 2020

Korea Selatan Kembali Normal Karena Wabah Corona Terkendali



KompiNews.com - Sebagian wilayah Korea Selatan tampak normal kembali usai wabah Corona mereda. Warga mulai beraktivitas seperti sediakala setelah pembatasan sosial dilonggarkan.

Seperti dilansir AFP, Rabu (6/5/2020) aktivitas yang kembali normal ini tampak di sebagian wilayah Korea Selatan pada Rabu (6/5). Para pekerja pergi ke kantor, museum dan perpustakaan dibuka lagi.

Setidaknya ada 100 orang mengunjungi Museum Nasional Korea di Seoul pada hari Rabu (6/5) pagi. Pengunjung pertama hari itu - pasangan yang sudah menikah - diberi karangan bunga oleh staf.

"Banyak rekan kami juga kembali bekerja hari ini, jadi kami sangat gembira dengan pembukaan kembali, kami sangat bahagia," kata juru bicara museum Lee Hyun-ju.

Kendati demikian, komentar pahit justru dilontarkan oleh para pekerja. Mereka mengungkapkan hal itu di media sosial.

"Saya ingin pulang segera setelah saya duduk di meja saya di kantor hari ini. Tetapi ada juga rasa stabilitas yang aneh ini," tulis salah satu poster Twitter.

"Saya merasa liburan saya sudah berakhir," cuit akun Twitter lainnya.

Sebelumnya para pekerja didorong untuk bekerja dari rumah, jika memungkinkan. Sementara masa sekolah baru ditunda sejak awal Maret.

Sejumlah acara - dari konser K-pop hingga musim olahraga - ditunda atau dibatalkan, sementara museum dan galeri ditutup dan layanan keagamaan ditunda.

Korea Selatan tampaknya telah mampu mengendalikannya wabah ini berkat program "lacak, tes, dan obati" yang dilakukan dan menuai pujian.

Dengan populasi 51 juta orang, angka kematian akibat Corona di Korea Selatan sedikit lebih dari 250. Kasus-kasus Corona baru telah melambat menjadi hanya segelintir - 13 dalam tiga hari terakhir. Lebih dari 90 kasus impor Korsel adalah warga negara yang kembali.

Sumber : DetikCom

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda