Addurl.nu Legislator Kaltim Berharap Larangan Mudik Diterapkan secara Tegas - Kompi News

Sunday, May 3, 2020

Legislator Kaltim Berharap Larangan Mudik Diterapkan secara Tegas

Legislator Kaltim Berharap Larangan Mudik Diterapkan secara Tegas KompiNews.com - Anggota Komisi V DPR Irwan berharap pemerintah tidak setengah hati melakukan pelarangan mudik bagi masyarakat. Menurut legislator asal Daerah Pemilihan Kalimantan Timur tersebut, dibutuhkan ketegasan terkait pelarangan mudik.

"Pemerintah harus tegas dan tidak setengah hati terapkan larangan mudik di tengah pandemi Covid-19. Kalau memang dilarang mudik, ya dilarang mudik. Kalau ada beberapa kebijakan diskresi, tidak signifikan," kata Irwan kepada wartawan, Minggu (3/5/2020).

Irwan menanggapi masih dibukanya kesempatan warga untuk mudik dengan persyaratan seperti membawa surat keterangan dari instansi tertentu.

Irwan menilai pemerintah kemungkinan sangat mengkhawatirkan aktivitas ekonomi akan terhenti jika melakukan penghentian secara menyeluruh transportasi umum, baik darat, udara, maupun laut.

Irwan menyatakan kerumitan penerapan berbagai langkah menyikapi pandemi, disebabkan oleh pemerintah pusat. "Sekarang yang bikin ruwet kan pemerintah, karena dari awal dan memilih PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Nah, PSBB ini menimbulkan kekacauan karena tidak bisa tegas dan kemudian di masyarakat tidak maksimal diterapkan," ujar Irwan.

Hal berbeda, menurut Irwan, apabila karantina wilayah yang ditetapkan. "Kalau karantina wilayah, semua sudah jelas, tutup semua (akses transportasi), tidak bisa lagi multitafsir dan kemudian tinggal menghidupkan masyarakat yang di karantina," demikian Irwan.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo memang menyebut ada sejumlah pihak yang bisa menerbitkan surat bagi masyarakat yang hendak mudik. "Ada diskresi. Jadi bisa ke Dinas Perhubungan, Polres, atau Gugus Tugas (tingkat) terendah," kata Agus, beberapa waktu lalu.

Sumber : Beritasatu

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda