Addurl.nu Ridwan Kamil Pastikan 6 Mei PSBB Jabar Berlaku di 27 Kabupaten dan Kota - Kompi News

Saturday, May 2, 2020

Ridwan Kamil Pastikan 6 Mei PSBB Jabar Berlaku di 27 Kabupaten dan Kota

Ridwan Kamil Pastikan 6 Mei PSBB Jabar Berlaku di 27 Kabupaten dan Kota


Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan mengatakan eskalasi penyebaran virus corona (COVID-19) turun sejak diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bodebek dan Bandung Raya.

Untuk menekan angka penyebaran COVID-19 di Jabar, PSBB diberlakukan akan dilakukan di 27 kabupaten kota di Jawa Barat, Rabu (6/4/2020).

"Kemarin, Jumat (1/5) kami mendapat surat persetujuan terkait pelaksanaan PSBB di skala provinsi. Seperti kita tahu, pelaksanaan PSBB skala provinsi ini melengkapi dua zona PSBB Bodebek dan Bandung Raya," kata Ridwan Kamil dalam konferensi pers, Sabtu (2/5/2020) di Gedung Pakuan, Kota Bandung.

Kang Emil sapaan karib Ridwan Kamil menyebut sejak diberlakukan PSBB di Bodebek dan Bandung Raya, jumlah pasien positif menurun.

"Dari kesimpulannya, didapati bahwa kurva penyebaran virus COVID-19 sudah melandai di Jawa Barat," ujarnya.

"Rata-rata maksimal di angka 40 kasus, bahkan dua hari lalu, Kamis (30/4) penambahan hanya tiga kasus, kemudian di hari kemarin penambahan 0 kasus. Mungkin kemarin hari yang istimewa, mudah-mudahan trend menurun ini bisa kita jaga dengan baik," tambahnya.

Kang Emil menuturkan, pemberlakuan PSBB ada hubungannya dengan penurunan angka positif COVID-19.

"Apakah trend penurunan ini ada hubungan dengan PSBB? Kami menyampaikan secara ilmiah ada. Kami mendapati kajian setelah PSBB dan sebelum PSBB perbedaannya sangat luar biasa," tuturnya.

Lalu apakah ada penurunan aktivitas masyarakat saat diberlakukan PSBB di Bodebek dan Bandung Raya?

"Pergerakan masyarakat saat PSBB masih 50 persen, walaupun idealnya menurut teori 30 persen. Kalau PSBB di Jawa Barat bisa menjaga pergerakan sampai 30 persen maka itu lebih efektif," jelasnya.

Kang Emil juga mengatakan, saat PSBB diberlakukan di Bodebek dan Bandung Raya, justru peningkatan terjadi i wilayah yang belum dilakukan PSBB.

"Oleh karena itu, dari hasil kajian ternyata Bodebek dan Bandung Raya sebelum PSBB penyebaran virusnya sangat tinggi sekarang sedang, sebaliknya kota kabupaten yang tidak PSBB sekarang naik kecepatan persebaran virusnya," katanya.

Menurutnya, kalau PSBB menurunkan angka penyebaran kasus, maka kota kabupaten di Jawa Barat akan dilaksanakan PSBB yang akan dimulai 6 Mei 2020.

"Hari Rabu depan maka seluruh daerah di Provinsi Jabar akan melaksanakan PSBB, pertama di 27 kota dan kabupaten," pungkasnya.

Sumber : detik

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda